Fandom

Karl May Wiki

Dissociative Identity Disorder (DID)

91pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Klik di sini untuk membaca versi Bahasa Indonesia

All English articles use English title or with additional (en) sign. Otherwise, they are untranslated articles.

Penyakit Dissociative Identity Disorder adalah penyakit kejiwaan yang membuat penderitanya memiliki kepribadian ganda dan selalu ingin menjadi orang lain.

Karena depresi akibat dipenjara dan menganggur, Karl May menderita penyakit ini hingga ia sering menyamar menjadi orang lain, seperti dokter mata, guru seminari, polisi, agen rahasia, dan karyawan kantor pengacara, sebelum akhirnya disembuhkan oleh seorang pastor Katolik bernama Johannes Kochta yang bertugas di penjara Waldheim.

KontroversiEdit

Hingga kini, penyakit kepribadian ganda masih menjadi kontroversi dalam bidang ilmu psikologi karena kasus-kasus yang tercatat begitu sedikit. Sebagian ahli juga memperdebatkan kesahihan diagnosis akan penyakit ini karena dianggap sangat subjektif. Mereka juga memperdebatkan apakah penyakit ini bisa digolongkan sebagai diagnosis klinis, gejala-gejala akan suatu penyakit lainnya, kesalahan subjektif dalam penggambaran akan penyakit ini, atau hanya suatu kasus kolusi antara pasien dan pemeriksa yang terjadi tanpa disadari.

Sumber-SumberEdit

Also on Fandom

Random Wiki