FANDOM

Bahasa: • IndonesiaEnglish

Heinrich August May adalah ayah Karl May. Seorang penenun yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya yang miskin. Ia seorang yang keras namun menyayangi keluarganya. Tentang ayahnya, Karl May menulis:

"Ayahku adalah seorang pria dengan dua jiwa. Satu jiwa yang lembut tanpa batas, dan jiwa lainnya penuh tirani yang tak tahu batas kalau sedang marah hingga tak mampu mengendalikan dirinya sendiri. Ia punya bakat luar biasa yang semuanya tak tersalurkan dengan baik karena sangat miskin. Meskipun tak pernah sekolah, atas usahanya sendiri ia bisa membaca dengan lancar dan menulis dengan begitu bagusnya. Tangannya sangat terampil mengerjakan segala hal yang ia butuhkan dalam hidup. Apa pun yang ia lihat, bisa ia buat. Meskipun hanya seorang penenun, ia mampu menjahit jas dan celananya sendiri, serta mampu mengesol sepatunya sendiri..."

Ia pernah menyuruh Karl May kecil untuk menyalin buku geografi Jerman terbitan 1802 sebanyak limaratus kali hanya agar si anak lebih hapal angka-angka. Begitulah gambaran kerasnya sang ayah.

Lihat JugaEdit

Sumber-SumberEdit

Menjelajah Negeri Karl May, karya Pandu Ganesa, diterbitkan oleh Pustaka Primatama, 2004 (ISBN 979973763-X).

Also on FANDOM

Random Wiki